Sebelum memperkenalkan anak kepada keindahan di luar rumah, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan agar mereka nyaman di tempat asing dan perjalanan semakin menyenangkan. Pertimbangan-pertimbangan itu antara lain:

Tentukan Destinasi

Sebelum berangkat, pastikan tempat-tempat yang akan dikunjungi, karena hal ini akan berkaitan dengan pakaian yang perlu disiapkan. Cek ramalan cuaca di tempat tujuan agar dapat mempersiapkan berbagai kemungkinan, seperti membawa jas hujan, topi, atau bahkan jaket tebal.

Unsur Edukasi

Ketika menyusun rencana perjalanan, selipkan juga tempat-tempat yang mengandung unsur edukasi, seperti museum untuk mengasah rasa ingin tahunya.

Jangan Dadakan

Untuk mencegah ada yang tertinggal, seminggu sebelum berangkat mulailah memisahkan baju dan perlengkapan yang akan dibawa. Bila ada barang penting yang dibutuhkan tapi belum punya, masih sempat untuk membeli. Satu hari sebelum berangkat, masukkan semua barang yang telah disiapkan ke dalam tas atau koper sekaligus mengecek kelengkapan. Sebaiknya buat daftar agar tidak ada yang terlewat.

Bawa Tas Terpisah

Siapkan tas kecil untuk dibawa ke kabin berisi kebutuhan anak selama perjalanan, misalnya baju ganti, popok, botol minum, obat-obatan, buku, dan mainan.

Perhatikan Kondisi Fisik

Selama perjalanan, perhatikan jadwal makan dan istirahat anak karena jika mereka kelelahan, telat makan, dan kurang tidur tentu akan menganggu kesenangan liburan. Jangan buat jadwal terlalu padat dan patuhi jam makan dan istirahat mereka sehari-hari di rumah. Misalnya, jika mereka biasa tidur pukul 20:00, selambatnya pukul 21:00 sudah harus sampai hotel agar cukup beristirahat.

Perlukah Stroller?

Mendudukkan anak di stroller memang akan mengurangi kerepotan orang tua, terlebih jika anak sedang dalam masa ingin selalu berlari, namun bepergian adalah saat untuk memberikan kebebasan bergerak, sehingga sebaiknya batasi penggunaan stroller dan hanya menggunakannya jika anak kelelahan.

Utamakan Kenyamanan

Pilihlah hotel yang ramah anak-anak. Tidak harus mewah, namun anak-anak biasanya akan senang jika di hotel tersedia kolam renang atau kids’ club yang menyediakan beragam permainan dan kegiatan. Untuk transportasi, orangtua dapat menyewa kendaraan pribadi, namun anak juga akan senang bila sesekali diajak naik kendaraan umum setempat, seperti becak, dokar, atau bus.

Sumber: Get Lost