Selain karena hal itu merupakan bentuk korupsi waktu, berdasarkan survei yang dilakukan Rice University dan Iowa State University diketahui bahwa konsumen yang memesan hotel selama jam kantor justru kurang puas dengan pengalaman yang didapat, walaupun hotel yang dipilih relatif mahal.

Hal ini karena di kantor, pikiran orang sudah dipenuhi pekerjaan sehingga tidak terlalu cermat dalam mempertimbangkan hotel yang dipilih. Mereka beranggapan bahwa memilih hotel yang mahal akan sesuai dengan kebutuhan, padahal belum tentu. Inilah sebabnya ketika merencanakan liburan sebaiknya di luar jam kantor, di mana pikiran memang secara khusus disiapkan untuk mempersiapkan perjalanan yang sudah ditunggu-tunggu.

Survei ini juga menemukan bahwa orang yang membayar reservasi hotel dari jauh-jauh hari lebih puas ketimbang mereka yang membayar reservasi hotel tak lama sebelum hari keberangkatan. Hal ini karena mereka yang membayar dari jauh-jauh hari akan merasa tidak membayar apa-apa lagi, sehingga ketika liburan tiba, mereka dapat lebih menikmati.

Sedangkan mereka yang membayar tak lama sebelum keberangkatan masih merasa habis mengeluarkan uang banyak untuk menikmati liburan. Terlebih bila hotel yang dipilih ternyata memberikan servis yang buruk, maka ketidakpuasan akan lebih terasa.

Sumber: Get Lost